Cara memilih handuk mandi

Mandi merupakan aktivitas wajib yang dilakukan setiap hari, apalagi jika Anda tinggal di negara tropis. Handuk juga merupakan kebutuhan yang sangat penting. Untuk memilih handuk mandi yang nyaman digunakan sehari-hari, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut.

Cari tahu dulu bahannya Umumnya handuk mandi terbuat dari bahan katun. Kain katun dikenal mampu menyerap air dengan baik. Beberapa bahan katun yang sering digunakan sebagai handuk adalah terry dan katun turki.

Selain itu, kini juga tersedia handuk berbahan katun organik yang lebih aman bagi kulit. Bahan lain yang juga banyak diminati adalah microfiber. Bahan ini termasuk serat sintetis berdiameter sangat kecil.

Handuk microfiber menyerap 7-8 kali lebih banyak air dan kering tiga kali lebih cepat daripada kain katun. Serat bambu juga merupakan salah satu bahan handuk yang banyak disukai. Serat bambu memiliki kapilaritas tertinggi sehingga mampu menyerap cairan dengan baik.

Perpaduan serat kapas dan bambu ini menghasilkan handuk mandi murah dan berkualitas. Jadi, Anda tetap bisa mendapatkan handuk penyerap yang bagus dengan harga terjangkau.

Bagaimana Cara Memilih Handuk Mandi?

1. Ketahui jenis-jenis handuk mandi berdasarkan proses pembuatannya

Jika dilihat dari jenis tenunnya, handuk dapat dikelompokan menjadi dua, yaitu handuk tumpuk dan handuk geser. Permukaan benang pada handuk tumpukan handuk ditenun dengan teknik pile loop (tenun handuk).

Handuk mandi ini mampu menyerap air dengan baik dan teksturnya menyerupai bulu. Oleh karena itu, handuk jenis ini cocok digunakan sebagai handuk mandi. Permukaan benang pada handuk yang dicukur dipotong secara merata.

Alhasil, rambut terlihat berdiri tegak. Handuk yang dicukur terasa lembut di kulit sehingga cocok untuk Anda yang mengutamakan kenyamanan. Namun handuk yang sering digunakan sebagai handuk pantai kurang mampu menyerap air saat digunakan pertama kali.

2. Kenali tata bahasanya untuk menemukan handuk yang bisa menyerap air

Anda mungkin pernah menemukan kata gramasi (gms) dalam deskripsi produk handuk. Gramatur adalah ukuran berat kain dalam gram/m2 dan berpengaruh pada daya serap handuk.

Semakin besar gramasinya, semakin tinggi daya serapnya. Handuk gram rendah, sekitar 300–450 gm/m2, ringan dan lembut, membuatnya sempurna untuk bepergian. Sedangkan handuk dengan gramatur lebih dari 500 gm/m2 cenderung tebal.

Jika Anda menginginkan handuk mandi yang dapat menyerap air secara maksimal, sebaiknya pilih handuk mandi dengan gramatur minimal 500.